Cara-Ngecas-HP-yang-Benar-Supaya-Baterai-Awet

Cara Ngecas HP yang Benar Supaya Baterai Awet? Ini Dia!

Coba kemudahan cara ngecas hp yang benar supaya baterai awet sebaiknya dilakukan supaya Anda bisa memaksimalkan usia pakai komponen tersebut.

Cara ngecas HP yang benar supaya baterai awet ternyata dapat dilakukan tanpa banyak effort, selama Anda mengetahui celah dari komponen penunjang ponsel tersebut. Supaya tidak ketinggalan informasi, ayo simak beberapa paparan yang mudah dipahami berikut ini.

Gunakan Charger Resmi dari Pabrikan

Cara ngecas HP yang benar supaya baterai awet yang pertama adalah langsung pakai produk original asli dari kemasan, untuk ponsel Android atau jika HP Anda adalah iPhone, maka pastikan untuk beli charger-nya di official store. Karena pembelian di luar dari toko resmi memberikan potensi produk akan mudah rusak dan justru membuat ponsel lama-lama menjadi soak tak hanya baterai tetapi juga komponen lain.

Hindari Pengisian Daya Berlebihan

Cara ngecas HP yang benar supaya baterai awet yang kedua yaitu apabila sudah penuh maka jangan dipaksakan untuk mengisi daya terus, apalagi sampai ditinggal tidur, karena baterainya bisa panas dan lama-lama menggembung akibat pengisian daya berlebihan. Jika sudah mengembung otomatis kinerjanya menurun dan pasti akan mempengaruhi usia pakai dari komponen kelistrikan di ponsel tersebut.

Jangan Biarkan Baterai Terlalu Kosong Sebelum Diisi Ulang

Cara ngecas HP yang benar supaya baterai awet yang berikutnya adalah selalu isi daya ketika baterai menunjukkan isi 20%, alias tidak terlalu kosong. Mengapa hal ini penting? Karena jika sampai ada peringatan baterai kritis apalagi mati, maka sistemnya akan butuh effort daya lebih lagi, sehingga memicu kinerja baterai yang berlebihan dan tentu mempengaruhi umurnya.

Hindari Pengisian Daya di Suhu Ekstrem

Terutama bagi orang yang mobilitasnya tinggi, suka kegiatan luar rumah ataupun sering berkendara pada cuaca seperti apapun, pastikan tidak mengisi daya ketika suhunya terlalu panas ataupun terlalu dingin terutama jika sampai ponsel harus terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini akan membuat mesin menjadi harus menyesuaikan suhu dan lama-lama bahkan bisa rusak, tak hanya bagian baterainya saja.

Matikan Ponsel Saat Mengisi Daya

Pada manual book setiap ponsel umumnya sudah dipaparkan bahwa mematikan ponsel saat mengisi daya adalah hal yang sangat bijaksana, karena Anda akan membuat mesinnya beristirahat sejenak, sebelum baterai penuh dan harus bekerja kembali. Seperti halnya semua jenis mesin elektronik, ponsel juga lebih sehat jika mengalami proses istirahat alias tidak dipakai terus-menerus 24 jam nonstop.

Gunakan Mode Hemat Daya Jika Tersedia

Cara ngecas HP yang benar supaya baterai awet yang selanjutnya yaitu aktifkan mode hemat daya supaya Anda bisa memastikan energi yang diisikan ke baterai bisa lebih cepat, dan tidak buru-buru dikeluarkan untuk daya lebih besar. Sehingga dengan cara ini baterai dapat lebih sehat dan cepat isinya.

Lepaskan Casing atau Penutup Belakang

Tahukah Anda? Ternyata sebagian casing atau penutup belakang berpotensi menimbulkan panas berlebih pada HP, sehingga Anda perlu melepasnya untuk meminimalisir perangkat terlalu panas. Anda bisa memakaikannya kembali beberapa menit setelah dicabut dari sumber daya supaya dapat memastikan bahwa suhunya telah stabil.

Kesimpulan

Bisa dikatakan, cara ngecas HP yang benar supaya baterai awet ternyata tidak terlalu sulit untuk dilakukan, hanya butuh kesabaran dan ketelatenan dalam memperlakukan ponsel seperti mesin jenis lainnya. Apabila Anda melakukan beberapa tips di atas, maka ponsel akan lebih berumur panjang dan bernilai guna lebih banyak.

sambal-jempol Previous post Mengenal Sambal Jempol, Saus Sambal Terbaik Indonesia
HP-Kamera-Bagus-Dibawah-2-Juta Next post 5 Rekomendasi HP Kamera Bagus Dibawah 2 Juta