Komunikasi-Verbal

Mengenal Apa Itu Komunikasi Verbal di Era Digitalisasi

Mari pelajari komunikasi verbal di Era Globalisasi membuat berkomunikasi menjadi lebih beragam. Temukan pentingnya memahami komunikasi verbal dibawah!

Komunikasi Verbal merupakan konsep seseorang menyampaikan informasi baik melalui tulisan maupun lisan. Era Globalisasi telah membuat banyak kemajuan yang cepat pada alat elektronik, dan teknologi.

Komunikasi ini tidak hanya menyampaikan dan menerima informasi melalui tatap muka saja, tetapi dengan maju teknologi membuat komunikasi dapat melalui alat perangkat digital, seperti handphone, email, dan aplikasi obrolan lainnya. Pentingnya memahami komunikasi ini membuat interaksi menjadi lebih efektif dalam kehidupan pribadi di sehari-harinya.

Cara Berkomunikasi Verbal di Era Digital

  1. Berkomunikasi Secara Lisan

Berkomunikasi secara lisan pada era majunya teknologi dilakukan secara berjarak jauhan atau melalui alat elektronik. Lalu bagaimana cara melakukan komunikasi lisan di era digital?

  • Berteleponan: Komunikasi lisan di era teknologi yang banyak dipakai orang-orang, yaitu telpon. Dengan adanya telepon, membuat berkomunikasi dapat dilakukan di tempat berjauhan atau berbeda.
  • Video Call: Selain telepon, video call adalah alat komunikasi dimana Anda dapat melihat lawan berbicara melalui aplikasi yang mendukung, aplikasi yang mendukung video call seperti zoom, whatsapp, instagram dan aplikasi pendukung lainnya.
  • Pesan Suara: Pesan suara merupakan fitur unik dimana pembicara dapat mengirim pesan suara kepada penerima. Dengan Anda menangkap pesan lalu mengirim langsung ke penerimanya, hal tersebut membuat berkomunikasi menjadi lebih instan.
  1. Berkomunikasi Secara Tulisan

Selain komunikasi lisan, Komunikasi Verbal juga dapat dilakukan secara tulisan juga loh!. Berikut media yang dipakai saat berkomunikasi tulisan:

  • Pesan Email: Media email merupakan salah satu media yang banyak digunakan oleh banyak profesional. Dengan penyampaian informasi secara formal dan instan membuat para penulis senang mengirim informasi di media ini.
  • Pesan Chat: Media aplikasi yang mendukung penggunaan komunikasi tulisan ada banyak, seperti WhatsApp, Telegram, dan WeChat membuat komunikasi menjadi lebih cepat dan instan.
  • Media Sosial: Media sosial yang banyak dipakai orang banyak, seperti facebook, instagram, twitter dan media lainnya. Media tersebut dapat membagikan tulisan ke banyak orang diluar sana.

Pentingnya Mengetahui Komunikasi Verbal di Era Digital

  1. Meningkatkan Efektivitas Dalam Berkomunikasi

Pemahaman yang penting dalam Komunikasi Verbal membuat banyak orang dapat mengirim pesan lebih efektif dan jelas. Penting Nya menerapkan komunikasi verbal yang baik dapat membantu Anda dalam melakukan negosiasi, presentasi, dan berinteraksi dengan keluarga dan teman-teman.

  1. Membangun Interaksi yang Kuat

Komunikasi di dalam sebuah perangkat juga dapat membuat percakapan Anda lebih efektif dan dapat membangun hubungan lebih kuat. Kehidupan sehari-hari, komunikasi ini dapat membangun interaksi pada keluarga, teman-teman, dan orang sekitar Anda.

  1. Menjauhi Salah Paham

Seringkali dalam percakapan terjadi kesalahpahaman. Dengan memahami pentingnya komunikasi ini di era digital dapat membantu Anda menjauhi hal segala konflik yang ada. 

Contoh Komunikasi Verbal di Era Digital

  1. Handphone

Banyak kalangan yang telah menggunakan alat teknologi ini guna membantu komunikasi lebih efektif, dengan dilengkapi telepon suara, video telepon hingga pesan suara. Hal tersebut membuat berkomunikasi lewat handphone menjadi lebih instan dan lebih jelas.

  1. Email

Email adalah salah satu alat media yang juga banyak dipakai banyak kalangan. Dengan menulis pesan email yang baik dan profesional, pesan tulisan Anda akan mudah dipahami oleh penerima. Hal tersebut membuat berkomunikasi menggunakan email menjadi lebih efektif.

  1. Aplikasi Pesan

Komunikasi Verbal dapat lebih instan melalui aplikasi yang mendukung mengirim pesan, seperti Whatsapp, Telegram, Line dan aplikasi lainnya. Fitur tersebut membuat komunikasi menjadi lebih efektif dan instan.

Kesimpulan

Era Digitalisasi saat ini membuat berkomunikasi menjadi lebih unik. Baik melalui lisan secara berhadapan langsung maupun tulisan, seperti telepon, video call, pesan instan, email, dan media lainnya. Hal tersebut membuat komunikasi verbal lebih efektif dan lebih mudah di era digital, sehingga penting untuk mengikuti perkembangan yang ada, serta bangunlah interaksi yang sehat dan kuat untuk sesama!

Sepeda-Termahal-di-Dunia Previous post Sepeda Termahal di Dunia Dari Tahun ke Tahun
harga-pc-gaming Next post Menentukan Harga PC Gaming Sesuai Anggaran!