jenis-ikan-air-laut

5 Jenis Ikan Air Laut di Subtropis dan Tropis

Mengenal jenis ikan air laut merupakan suatu kelompok ikan yang berkembang biak dan hidup di lingkungan laut, simak informasinya di bawah ini!

Jenis ikan air laut merupakan suatu kelompok ikan yang berkembang biak dan hidup di lingkungan laut. Bagi berbagai jenis ikan, lingkungan laut yang beragam dan luas tentu akan menjadikannya sebagai habitat nyaman. Adapun ikan yang tinggal disini, biasanya mulai dari ikan besar, tepatnya di perairan terbuka. Sedangkan, untuk spesies kecil hidupnya lebih suka di terumbu karang.

Kenali Jenis Ikan Air Laut

Ikan biasanya bisa ditemukan di mana saja, bahkan di belahan dunia manapun. Berikut ini sudah ada penjelasan lengkap terkait jenis ikan air laut, antara lain:

1. Tenggiri

Ikan laut ini sangat terkenal, karena memiliki bentuk tubuh yang ramping dan panjang. Bahkan, saat berenang kemampuannya sangat cepat. Tenggiri juga memiliki perut putih perak, di mana punggungnya akan kelihatan hitam atau biru. Cakupan tenggiri yaitu ikan makarel dan tuna. Di mana masih masuk ke dalam keluarga Scombridae.

Biasanya, tenggiri seringkali ditemukan di perairan subtropis maupin tropis. Bahkan, tenggiri ini lebih sering di terumbu karang atau dekat daerah pesisir pantai di seluruh dunia.

2. Kuda Laut

Ikan ini masih masuk kedalam kelompok hewan yang mempunyai moncong panjang, tubuh pipih, serta ekor melingkar. Saat berenang, bisa mengubah warna tubuh dan memiliki ciri khas tegak lurus. Tujuannya agar di lingkungan sekitar, bisa terus menyesuaikan diri. Umumnya, Ikan ini berada di sekitar terumbu karang, atau perairan dangkal.

Selain itu, juga bisa individu dapatkan di berbagai wilayah subtropis dan tropis, misalnya saja rerumputan laut serta padang lamun.

3. Kakap

Ikan ini termasuk ke dalam kelompok hewan air yang warnanya merah muda sampai merah, bahkan juga terkenal memiliki daging lezat. Selain itu, mulutnya cukup tajam dan besar, dengan tubuh yang ramping dan panjang. Pada tubuhnya, spesies ikan kakap ini sudah memiliki bintik garis vertikal.

Kakap bisa dijumpai di seluruh dunia, baik itu di perairan subtropis maupun tropis. Khususnya di struktur bawah laut, bahkan juga sudah ada di bangka atau dekat terumbu karang dan yang lainnya.

4. Tuna

Tuna termasuk ke dalam kelompok hewan laut yang bisa berenang sangat cepat. Bahkan, juga sangat terkenal memiliki tubuh cukup ramping. Tuna ini mempunyai perut yang putih dan perak, sementara untuk punggungnya berwarna hitam atau biru.

Bahkan, sebagian besar spesies yang sama seperti tuna juga mempunyai ciri khas punggung panjang. Di seluruh dunia, individu bisa menemukan tuna ini baik itu di perairan subtropis dan tropis. Khususnya, berada di lepas pantai atau daerah yang cukup terbuka.

5. Badut 

Ikan ini mempunyai ciri khas tubuh garis horizontal atau vertikal. Di mana ukurannya  kecil dan warna-warni. Bahkan, corak tubuhnya lumayan cerah. Adapun spesies badut ini sendiri mempunyai punggung yang cukup panjang. Bagi individu yang berada di perairan dangkal akan menemukan Ikan badut dengan mudah. Sebab, ikan ini senang tinggal di daerah subtropis atau tropis.

Bahkan, juga sering ditemukan di sekitar terumbu karang dan lamun.

Kesimpulan

Hanya dengan pemahaman berbagai macam hewan laut seperti ikan, tentu akan membantu individu untuk lebih menghargai betapa pentingnya menjaga ekosistem laut yang bersih dan sehat. Selain itu, juga akan lebih banyak menghargai keanekaragaman hayati yang ada  di bawah permukaan laut dengan mengetahui kelima jenis ikan air laut di atas.

mortal-kombat-xl-pc Previous post Keseruan Mortal Kombat XL PC Dibanding Mortal Kombat X
Next post Apa yang Dimaksud dengan Inti Bumi? Simak informasinya!